3BNC117, Obat Pertama Pembunuh Sel HIV

obat

HIV adalah salah satu penyakit paling mematikan yang ditakuti oleh banyak orang. Sekarang ada satu titik terang berkat penemuan obat pertama yang bisa membunuh sel HIV.

HIV adalah penyakit yang menyerang sistem imun tubuh. Semua jaringan, organ, dan sel yang berfungsi untuk mempertahankan kekebalan tubuh kita akan diserang bila ada virus HIV masuk ke dalam tubuh.

Baru-baru ini ditemukan obat pertama yang bisa membunuh sel HIV. Obat ini bisa menyerang virus HIV dan membuat jumlah virus dalam tubuh berkurang hingga 300 kali lipat lebih sedikit. Obat ini dengan cerdik menggunakan sistem imun tubuh pasien sendiri untuk memerangi virus HIV. Jadi sebenarnya obat ini merupakan sebuah antibodi.

Antibodi yang bernama 3BNC117 ini bisa membunuh virus HIV, bukan sekedar menekan pertumbuhannya. Kabar gembiranya, obat ini juga sekarang sudah diteskan pada manusia. Sejumlah orang yang dites HIV positif diberi obat ini kemudian dimonitor perkembangannya selama dua bulan.

Dalam dua minggu saja, virus HIV dalam tubuh pasien sudah berkurang hingga 300 kali lebih sedikit. Meski berita ini sangat menggembirakan, para ilmuwan tak mau terlena. Mereka masih menyelidiki apakah efek obat ini merupakan efek jangka panjang atau hanya efek sementara saja.  semoga saja efek ini dapat bertahan untuk waktu lama sehingga para penderita HIV bisa disembuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *