Kerajinan Daur Ulang

Banyaknya sampah yang berbahan plastik dan kertas yang terdapat di mana-mana. Seperti yang kita ketahui bahwa sampah plastik merupakan sampah yang paling sulit untuk dimusnahkan, ada yang menyarankan untuk ditimbun saja tetapi hal ini malah akan mencemari tanah, demikian pula jika di bakar tentu akan menimbulkan polusi udara karena asap plastik yang hitam pekat dengan kandungan karbondioksida yang tak baik bagi tubuh. Hal ini membuat tangan-tangan kreatif anggota KIM Purwo Agung beserta masyarakat sekitar berpikir keras akan dikemanakan atau mau diapakan sampah-sampah tersebut. Sehingga lahirlah ide-ide brilliant untuk mengelola sampah-sampah tersebut menjadi barang yang layak guna/pakai.

Untuk mengelola sampah berbahan plastik menjadi kerajinan yang kreatif dan bernilai guna, dengan cara membersihkan terlebih dahulu lalu dicuci dan dikeringkan. Kemudian bahan-bahan untuk membuat kerajinan dari daur ulang telah tersedia, selanjutnya tinggal pengolahannya, bisa dengan di potong menjadi lembaran-lembaran, menyatukannya dengan lem/dijahit dan pembuatan disesuaikan dengan selera konsumen nantinya sehingga mempunyai nilai guna dan bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah.

Untuk mengelola sampah berbahan kertas bisa dengan cara memotongnya menjadi bagian kecil-kecil dan merendam dalam air kira-kira selama 2 hari adatu dengan merebusnya selama 1-2 jam untuk membersihkan tinta dan bahan penggangu lainnya dalam pemprosesan nanti. Setelah direndam/direbus kemudian kertas tersebut dihancurkan, bisa dengan menggunakan blender atau alat lainnya. Setelah itu, bahan membuat kerajinan dari kertas telah siap di olah/dicetak dengan berbagai bentuk. Untuk mempercantik dapat diberikan dengan pewarna.

Berikut beberapa contoh hasil kerajinan Daur Ulang

PLASTIK
KERTAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *