PARADE BUDAYA 2015

JpegDalam rangka memeriahkan Harlah ke 70 kemerdekaan RI, warga Purwantoro melaksanakan karnaval budaya. Karnaval merupakan kegiatan pesta rakyat yang menampilkan parade kebudayaan nusantara dan melibatkan ribuan masyarakat, pelaku seni, budayawan, hingga tokoh-tokoh terkemuka purwantoro. Karnaval budaya dibuka langsung oleh Bapak Camat Blimbing.

Acara pembukaan diawali dengan upacara bendera yang menampilkan detik-detik proklamasi oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Selain itu juga ditampilkan drama perjuangan pengibaran sang saka merah putih. Warga Pandean dan Purwantoro khususnya sangat menikmati drama ini. Bahkan tidak sedikit yang menitikkan air mata ketika para pejuang merobek bendera Belanda Merah Putih Biru dan menjadi Merah Putih bendera Indonesia.

parade 2Drama diakhiri dengan pengibaran Bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan para peserta dan penonton karnaval Budaya.

Karnaval ini diikuti lebih dari seratus tim. Para tim berlomba-lomba menampilkan kreasi terbaiknya. Peserta ada yang anak-anak, Bapak-bapak bahkan ibu-ibu juga tidak mau ketinggalan menampilkan kreasi terbaiknya.

Anak-anak banyak menampilkan sepeda hias dan berpakaian adat nusantara mulai dari Adat Aceh, Adat Jawa, Adat Sulawesi, Adat Bali, Adat Madura bahkan pakaian Adat Papua tidak ketinggalan ditampilkan.

Ibu-ibu menampilkan tarian khas ibu-ibu, konser music dapur dan penampilan menarik lainnya.
Bapak-bapak dan muda-mudi lebih bervariasi lagi. Ada yang berpenampilan pejuang, perawat, bahkan hantu-hantu yang banyak di Televisi ikut tampil memeriahkan karnaval budaya kali ini.

Berbagai peralatan perang juga turut andil. Ada pesawat, tank, bahkan meriam juga aktif menembakkan pelurunya kepada para penjajah.

JpegDi akhir acara, panitia mengumumkan siapa pemenang karnaval tahun ini. Dan sebagai pemenangnya adalah tim RT 4 RW XI yang menampilkan berbagai atraksi budaya. Budaya ditampilkan adalah tarian ibu-ibu dan bapak-bapak, anak-anak menampilkan tarian kupu-kupu dan berbagai pakaian adat, serta peragaan hasil bumi nusantara, namun yang paling menarik adalah tumpeng raksasa dan ogoh-ogoh yang selama ini hanya bisa dilihat di Bali saja.
Selamat buat warga RT 4 RW XI, dan semoga penghargaan ini bisa memacu warga lain untuk menampilkan kreasi hebatnya di acara tahun depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *